Kalimat bersyarat dalam bahasa Arab Mesir

Ada dua jenis pernyataan kondisional: mungkin (jika Anda bekerja keras, Anda akan melakukannya dengan baik; jika saya melihat Samia hari ini, saya akan mengajaknya keluar) dan hal yang tidak mungkin / berlawanan dengan fakta (Jika saya kaya, Saya akan membeli Mercedes, jika saya tahu itu, saya tidak akan melakukan apa yang saya lakukan).
Kunjungi juga:BlogTrending Topik 
Ada dua kata utama untuk "jika" dalam bahasa Arab: لو (hukum) dan اذا (ida dalam fuSHa / iza dalam 3ammiyya). (Dan ada juga literatur / klasik yang lebih banyak.) Dalam bahasa Arab standar, اذا dicadangkan untuk kondisi yang memungkinkan, sementara لو digunakan untuk kondisi yang tidak mungkin. Dalam bahasa Arab Mesir, bagaimanapun, kedua kata tersebut biasanya digunakan secara bergantian, dengan لو menjadi lebih umum.
Kunjungi juga:BlogTrending Topik 


Kemungkinan kondisional


Klausul "jika" bisa dimulai dengan لو atau اذا, diikuti oleh:

kemungkinan 1: kata kerja dalam bentuk lampau atau - hanya dengan لو - kata kerja dalam bentuk sekarang
اذا شفت أصحابي (iza šoft aSHaabi)
jika aku melihat teman-temanku

لو تروح السينما بكرة (hukum tiruuH adalah-senema bukra)
Jika Anda pergi ke bioskop besok
kemungkinan 2: beberapa bentuk كان dipasangkan dengan kata kerja, frase participle, modal, atau nominal atau preposisional
اذا كنت تحب تيجي (iza kunte tiHebbe tiigi) اذا كنت فاضي (iza kunte faaDi)
jika Anda ingin datang jika Anda bebas

اذا كنت عايز تيجي (iza kunte 3aayiz tiigi) اذا كان عندي الوقت (iza kaan 3andi l-wa't)
Jika Anda ingin datang jika punya waktu

لو كان ممكن (hukum kaan mumkin)
jika itu mungkin

Klausa "then" bisa dimulai dengan kata kerja atau perintah tegang masa depan.

هتكلم معاهم (hatkallem ma3aahom)
Aku akan berbicara dengan mereka

تعالى معايا (ta3aala ma3aaya)
ikut denganku
Kunjungi juga:BlogTrending Topik 
Contoh:

اذا ذاكرت كويس, هتجيب درجات عالية (iza zakirte kwayyis, hatgiib daragaat 3alya)
Jika Anda belajar dengan baik, Anda akan mendapatkan nilai tinggi.
لو شفت دينا النهار ده, هعزمها على العشا (law šofte Dina n-nahaarda, ha3zemha 3ala l-3aša)
Jika saya melihat Dina hari ini, saya akan mengundangnya untuk makan malam
لو تروحي السينما بكرة, هآجي معاكي (hukum tiruuHi s-senema bokra, haagi ma3aaki)
Jika Anda pergi ke bioskop besok, saya akan ikut dengan Anda.
لو كان ده أسلوبك, ماتزعلش اذا ماكلمتكش تاني (hukum kan da osluubak, matiz3alše iza makallemtakše taani)
Jika itu cara Anda melakukan sesuatu, maka tidak kesal jika saya tidak berbicara dengan Anda lagi.
لو كنت عايز تيجي معايا, يلا نروح (hukum kunte 3aayiz tiigi ma3aaya, yalla nruuH)
Jika Anda ingin ikut dengan saya, ayo pergi.
ك ك ك ك ك ك,
Jika Anda ingin duduk, maka silakan saja.
لو الجو كويس, يلا ننزل ونتمشى (hukum ig-gaww kwayyis, yalla ninzil wa nitmašša)
Jika cuacanya bagus, ayo turun dan jalan-jalan.
لو اتفرجت على الفيلم ده, هتحبه (hukum itfarragt 3ala l-film da, hatHebbu)
Jika Anda menonton film ini, Anda akan menyukainya.
Kunjungi juga:BlogTrending Topik 


Kondisional yang tidak tepat / berlawanan


Sekali lagi, klausa "jika" bisa dimulai dengan لو atau اذا. Biasanya diikuti dengan bentuk كان yang sesuai. Berikut ini adalah kata kerja, modal, atau partisipasi aktif masa lalu atau sekarang.

لو كنت شفته (hukum kunte šoftu) لو كنت بتحبني (hukum kunte bitHebbeni)
jika Anda melihatnya jika Anda mencintaiku

لو كنت فاكر (hukum kunte faakir) لو كان ممكن (law kaan mumkin)
jika saya (ingat) apakah itu mungkin

Perhatikan bahwa, seperti contoh terakhir, klausa ini mungkin identik dengan ekuivalensinya "mungkin". Yang benar-benar membedakan mungkin dari kondisi yang tidak mungkin adalah sebagai berikut:
Kunjungi juga:BlogTrending Topik 
Klausa "then" harus dimulai dengan bentuk كان yang sesuai! Hal ini kemudian diikuti dengan kata kerja lampau, jika Anda berbicara tentang sesuatu yang akan / tidak akan Anda lakukan, atau kata kerja sekarang / masa depan-tegang sederhana jika Anda sedang membicarakan sesuatu yang akan Anda lakukan (sekarang).

كان جه (kaan geh)
dia pasti sudah datang

كنت أقول لك \ هقول لك (kunt a'ollak / ha'ollak)
Saya akan memberitahu Anda
Kunjungi juga:BlogTrending Topik 
Contoh:

اذا كنت ذاكرت كويس, كنت جبت درجات أحسن (iza kunte zakirte kwayyis, kunte gibte daragaat aHsan)
Jika Anda telah belajar dengan baik, Anda akan mendapatkan nilai yang lebih baik.
لو معايا فلوس, كنت اشتريت عربية مرسيديس (hukum ma3aaya filuus, kunt ishtareit 3arabiyya Mercedes)
Jika saya punya uang, saya akan membeli Mercedes.
لو كان ممكن أروح معاك, كنت رحت, لكن أنا كنت مشغولة (hukum kan mumkin aruuH ma3aak, kunte roHt, laakin ana kunt mašġuula)
Jika saya bisa pergi dengan Anda, saya akan melakukannya, tapi saya sibuk.
لو كنت عارفة ان ده هيحصل بعد ما أخرج, ماكنتش خرجت (hukum kunte 3arfa inne da hayeHSal ba3de maxrug, makunteš xaragt)
Jika saya tahu itu akan terjadi setelah saya pergi, saya tidak akan pergi.
اذا ماكنتش انت قلت لي, كان حد تاني قال لي (hukum makunteš enta 'oltili, kaan Hadde taani' alli)
Jika Anda tidak memberi tahu saya, orang lain pasti pernah melakukannya.
لو كنت بتحبني, ماكنتش قلت اللي انت قلته (hukum kunt bitHebbeni, makunteš 'olt illenta' oltu)
Jika Anda mencintaiku, Anda tidak akan pernah mengatakan apa yang Anda katakan.
لو الجو كان كويس, كنا رحنا البلاج (hukum ig-gaww kan kwayyis, kunna roHna l-blaaž)
Jika cuaca bagus, kita pasti sudah pergi ke pantai.
Kunjungi juga:BlogTrending Topik 
لو كنت اتفرجت على الفيلم ده, كنت هتحبه (hukum kunt itfarragt 3ala l-film da, kunte Habbeitu)
Jika Anda menonton film ini, Anda pasti menyukainya.
لو ماكنتش نسيت تليفوني المحمول, كنت رديت على المكالمة بتاعتك (hukum makunteš niseit telefooni l-maHmuul, kunt raddeit 3ala l-mukalma beta3tek)
Jika saya tidak melupakan ponsel saya, saya pasti sudah menjawab panggilan Anda.
Kunjungi juga:BlogTrending Topik 


Contoh untuk perbandingan kondisional yang mungkin dan tidak mungkin


لو لقيت \ ألاقي الجواب, هقول لك (hukum la'eit / alaa'i l-gawaab, ha'ollak)
Jika saya menemukan jawabannya, saya akan memberitahu Anda.
لو عثرت على الجواب, قول لي (hukum 3etert 3ala l-gawaab, 'olli)
Jika Anda menemukan jawabannya, katakan padaku.
لو كنت عارفة الجواب, كنت قلت لك (hukum kunte 3arfa l-gawaab, kunt 'oltilak)
Jika saya tahu jawabannya, saya pasti sudah memberi tahu Anda.
لو كنت عارفة الجواب, كنت هقول لك (hukum kunte 3arfa l-gawaab, kunt ha'ollak)
Jika saya tahu jawabannya, saya akan memberitahu Anda.
Kunjungi juga:BlogTrending Topik 
حتى ولو كنت عارفة الجواب, ماكنتش قلت لك (Hatta wa-law kunte 3arfa l-gawaab, makunteš 'oltilak)
Bahkan jika saya tahu jawabannya, saya tidak akan memberi tahu Anda.
حتى ولو كنت عارفة الجواب, ماكنتش هقول لك (Hatta wa-law kunte 3arfa l-gawaab, makunteš ha'ollak)
Bahkan jika saya tahu jawabannya, saya tidak akan memberi tahu Anda.
Kunjungi juga:BlogTrending Topik 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Angka dalam bahasa Arab Mesir

Sistem kasus Arab